Layangan Sendaren, Permainan Layangan Yang Mengeluarkan Bunyi

0 9

Layangan Sendaren, Permainan Layangan Yang Mengeluarkan Bunyi

Layangan Sendaren berasal dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Layangan ini bukanlah suatu layangan biasa, layangan ini terbilang unik karena memiliki bentuk yang indah dan ukuran yang lebih besar daripada layangan biasanya. Selain itu, hal terunik dari jenis layangan ini adalah dapat mengeluarkan bunyi ketika terbang terhembus angin.

Jenis layangan ini dapat mengeluarkan bunyi karena pada layangan tersebut dipasang suatu sendaren yang terbuat dari bambu dan tali karung beras. semakin kencang angin berhembus, maka semakin nyaring pula bunyi yang dihasilkan. jika biasanya anak-anak memainkan layangan untuk diadu dengan layangan lain, makan layangan sendaren ini tidak dimainkan dengan tujuan tersebut. Jenis layangan ini dimainkan dengan tujuan dinikmati keindahan bentuk, motif, dan suaranya saja atau dengan kata lain untuk dinikmati keindahannya saja.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat layangan sendaren ini tidak jauh berbeda dengan layangan lainnya. yaitu seperti Bambu, kertas plastik warna – warni, dan tali karung beras. Alat-alat yang diperlukan pun standar saja, seperti gunting, lem, dan benang layangan.

Source https://budaya-indonesia.org/Layangan-Sendaren-layangan-yang-mengeluarkan-bunyi/ https://budaya-indonesia.org/Layangan-Sendaren-layangan-yang-mengeluarkan-bunyi/
Comments
Loading...