Larangan Menikah Bagi Warga Kediri: Antara Etan Kali dan Kulon Kali

0 691

Tradisi melarang pernikahan yang melibatkan pasangan (calon), yang berasal dari barat sungai dan timur sungai, tradisi ini merupakan tradisi turun-temurun yang dipercaya dan diwariskan kepada keturunan utama Kediri (utama: asli jawa), kali (sungai) yang dimaksudkan disini adalah sungai Brantas, yang dahulunya merupakan pembatas kerajaan Panjalu dan Jenggala akibat adanya perebutan kekuasaan, sehingga terjadilah peperangan diantara keduanya.

Inilah yang menjadi awal muculnya tradisi ini dan berlaku sampai saat ini. Jika masih dipaksakan maka kelak keluarganya akan ditimpa berbagai musibah, terutama bagi pihak laki-laki (yang dari timur sungai), namun larangan ini biasanya dapat diselesaikan dengan ritual-ritual khusus (penyembelihan Ayam Cemani dan melemparkannya ke sungai ketika rombongan pengantin melewati jembatan), kepercayaan ini dilaksanakan oleh sebagian besar orang-orang tua di Kediri dalam pengambilan keputusan untuk sebuah pernikahan, selain pencocokan tanggal (weton).

Tradisi-tradisi yang menjadi kepercayaan masyarakat ini merupakan warisan budaya yang sangat istimewa, dan hendaknya kita sebagai penerus mampu menjaga dan melestarikannya, mengambil hikmahnya dan mengamalkannya.

Source http://rizam-historystudents.blogspot.com/2012/03/tradisi-suroan-dan-larangan-pernikahan.html http://rizam-historystudents.blogspot.com
Comments
Loading...