Larangan Masuk Pada Masa Kawalu Baduy Dalam

0 40

Terdapat masa-masa tertentu melarang pengujung masuk ke Baduy Dalam, seperti saat Kawalu. Seperti halnya umat Islam, mempunyai bulan suci Ramadan, masyarakat adat Baduy beragama Sunda Wiwitan juga memiliki bulan suci. Kawalu, begitulah masa itu disebut, orang-orang di wilayah Kanekes, Kecamatan Leuwi Damar Kabupaten Lebak, Banten. Berlangsung selama tiga bulan. Pada masa itu siapa pun dilarang untuk memasuki wilayah Baduy Dalam.

Namun kalau memang tidak mampu menahan rasa penasaran untuk melihat dan mengalami kehidupan seperti mereka, diizinkan untuk masuk sampai wilayah Kampung Gajeboh. Saat Kawalu, masyarakat Baduy dipimpin oleh Puun selaku pemimpin spiritual akan membersihkan wilayah mereka lahir dan batin. Ada ritual memohon ampunan, juga bimbingan untuk mencapai kehidupan lebih baik.

Pada hari biasa, hanya orang asing seperti orang Eropa dan mereka berasal dari luar negeri dilarang masuk Baduy Dalam. Namun pada masa Kawalu berlangsung sampai tiga bulan kedepan, ditutup dengan Seba Baduy, wisatawan harus menghormati aturan adat yang mengizinkan kunjungan hanya di lingkungan Baduy Luar saja.

KAWALU

Kawalu yaitu upacara yang dilakukan dalam menyambut bulan kawalu pada kalender baduy. Dalam bahasa mereka kembalinya padi dari huma (ladang) ke Leuit(lumbung padi). Biasanya upacara ini dilaksanakan dengan berpuasa selama sehari dalam sebulan. Sedangkan kurun waktu kawalu yaitu selama 3 bulan. Dalam rentan waktu 3 bulan tersebut, tidak boleh ada wisatawan yang berkunjung ke Baduy untuk menjaga kesakralan dari upacara tersebut.

Upacara kawalu merupakan bentuk rasa syukur masyakarakat Baduy terhadap Tuhan atas limpahan rezekinya baik itu hasil bumi maupun kerajinannya. Juga sebagai rasa terimakasih terhadap alam yang mereka tinggali. Karena dengan alam lah mereka akhirnya bisa bercocok tanam sehingga mereka tidak kelaparan atau tidak kehausan.

Source https://merahputih.com https://merahputih.com/post/read/masa-kawalu-pengunjung-dilarang-masuk-baduy-dalam

Leave A Reply

Your email address will not be published.