Larangan Bagi Ibu Hamil di Jawa

0 336

Larangan Bagi Ibu Hamil Di Jawa

Bagi masyarakat Jawa, ibu yang sedang mengandung/hamil biasanya memiliki banyak larangan-larangan yang harus di hindari. Larangan – larangan ini berguna agar ibu dan bayi tidak terkena bahaya. Hal ini sangat di percayai masyarakat Jawa. Ada beberapa hal larangan – larangan yang harus di ingat, seperti :

Pantangan Mengejek Hewan Cacat
Pantangan bagi ibu hamil mengejek orang yang cacat, baik cacat fisik maupun cacat mental. Dikhawatirkan bila ibu hamil tersebut melanggarnya, bayi yang dilahirkannya kelak akan memiliki kelainan atau cacat yang serupa dengan orang yang ditertawakannya.
Pantangan Mematikan Hewan

Dalam adat Jawa mematikan hewan seperti kodok, cicak, menyembelih ayam, ikan, atau hanya sekedar mengikat kaki burung menggunakan seutas benang rupanya juga dilarang bagi ibu hamil dan juga suaminya.

Pantangan Mengikatkan Handuk di Leher

Ibu hamil dilarang mengikatkan handuk ke lehernya ketika akan mandi. Pantangan ini dapat menyebabkan janinnya terikat oleh tali pusar sehingga menyulitkan proses persalinan.

Di Larang Makan Laron
Pada zaman dahulu, masyarakat Jawa sering kali mengkonsumsi laron yang ditangkapnya menggunakan seember air dan satu buah lentera. Laron-laron ini kemudian dimasak dalam bentuk pepes maupun digoreng untuk kemudian dikonsumsi sebagai lauk. Kendati begitu, ibu hamil dilarang mengkonsumsi Laron ini karena dikhawatirkan ia akan mengalami alergi dan gatal-gatal.
Pantangan Mandi Larut Malam

Pantangan Mandi Larut Malam Ibu hamil dalam masyarakat Jawa juga dipantang untuk mandi larut malam. Hal ini dipercaya untuk mencegah janin yang ada dalam kandungan menyusut dan lahir prematur. Meski secara medis belum bisa di buktikan secara pasti akan kebenarannya.

Pantangan Memaki dan Mengumpati Orang

Wanita Jawa yang tengah hamil diharapkan dapat bersikap baik pada siapapun. Ia dilarang mengumpat atau menggunjingkan tetangga atau orang disekitarnya serta memaki siapapun. Hal ini dipantang karena dikhawatirkan orang yang dimaki atau digunjingkan akan memberikan doa buruk kepada kehamilan ibu tersebut. Sehingga hal tersebut harus di hindari bagi ibu yang sedang hamil.

Source Larangan Bagi Ibu Hamil Di Jawa ibu hamil
Comments
Loading...