Langkah-langkah Tradisi Kematian Dari Awal Hingga Akhir

0 313

Langkah-langkah Tradisi Kematian Dari Awal Hingga Akhir

Gagar Mayang
Upacara yang dilakukan bila mendiang masih perawan/perjaka,biasanya di sebut dengan Gagar Mayang . Saat ini upacara ini sudah jarang dilakukan di kalangan masyarakat Jawa.

Brobosan

Brobosan merupakan upacara yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada mendiang dan memaafkan segala kesalahannya. Upacara ini dilakukan di halaman rumah mendiang dengan cara ahli waris .Biasanya ini di lakukan sebanyak 3 kali tidak henti bila belum selesai.

Geblak

Tradisi ini merupakan simbol perpindahan dari dunia fana menuju alam baka yang dialami mendiang/jenazah.Tradisi ini dilakukan setelah orang yang meninggal tersebut di makamka.

Telung Dina

Tradisi ini diakukan setelah 3 hari mendiang meninggal, terhitung mulai hari meninggalnya.Biasanya cara menghitungnya ialah hari pertama di anggap pada waktu meninggalnya orang tersebut.

Pitung Dina

Tradisi ini dilaksanakan pada hari ke-7 setelah mendiang meninggal (hari pertama adalah hari meninggalnya).Tradisi ini di lakukan sama dengan hari yang lainnya sebagai wujud mendoakan orang yang meninggal.

Patang Puluh Dina

Cara menentukan harinya adalah hari ke-5 dan Pasaran (Hari Jawa) ke-5 setelah mendiang meninggal (hari pertama adalah hari meninggalnya).Tradisi ini dilakukan bila orang yang meninggal sudah ada 40 hari.

Nyatus
Cara menentukan harinya adalah hari ke-2 dan Pasaran (Hari Jawa) ke-5 setelah mendiang meninggal. Hari pertamanya sebagai waktu meninggalnya tersebut.

Mendhak Sepisan
Dari mulai 3 hari sudah ada tradisi hingga 100 harinya,biasanya di kenal dengan mendhak sepisan.Cara menentukan harinya adalah hari ke-4 dan Pasaran (Hari Jawa) ke-5 setelah mendiang meninggal. (hari pertama adalah hari meninggalnya)

Mendhak Pindho
Cara menentukan harinya adalah hari ke-1 dan Pasaran (Hari Jawa) ke-3 setelah mendiang meninggal.Tradisi ini di gelar  bila orang yang meninggal berusia 2 tahun.

Nyewu

Cara menentukan harinya adalah hari ke-6 dan Pasaran (Hari Jawa) ke-5 setelah mendiang meninggal. (hari pertama adalah hari meninggalnya).Tradisi ini ialah tradisi peringatan paling akhir ialah nyewu atau 1000 hari.

 

 

 

 

Source Langkah-langkah Tradisi Kematian Dari Awal Hingga Akhir ragamnya.blogspot.com
Comments
Loading...