Langkah-Langkah Setelah Melakukan Khitanan

0 230

Langkah-Langkah Setelah Melakukan Khitanan

Laki-laki hukumnya wajib dalam berkhitan,setelah melakukan prosesi khitanan ini wajib untuk merawatnya hingga sembuh.Langkah-langkah yang harus dilakukan ialah :

1.Anjurkan anak untuk minum obat analgetik teratur. Dengan memberikan obat analgetik secara teratur dapat membantu mengurangi risiko anak merasakan sakit pada area luka khitan.Sehingga anak tidak akan terus mengeluh dalam kesakitan

2. Berikan kompresan pada area penis jika terjadi pembengkakan dengan menggunakan kassa dan iodin.Agar bengkak yang di timbulkan tidak terlalu parah.

3. Setelah anak buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB) bersihkan tabung serta klamp dengan air bersih menggunakan Irigasi Syringe.

4. Setelah tabung serta klamp dibersihkan, kemudian keringkan dengan tisu bersih atau cotton bud.

5. Menjaga kebersihan area penis dengan washlap antiseptic. Proses ini dilakukan untuk mencegah berkembang biaknya kuman atau bakteri pada area penis.Kuman sangat tidak baik sehingga harus seminimal mungkin di hindari

6. Berikan obat tetes sunat 3 kali sehari sebanyak 2 tetes di dalam tabung dan 2 tetes di kulit luka sunat. Hal ini bertujuan agar luka khitan cepat mengering dan tidak terjadi infeksi.

7. Pastikan celana sunat atau pelindung lainnya pada anak terpasang dengan baik agar penis aman dari risiko terluka akibat gesekan.Pastikan apa yang di kenakan juga longgar dalam hal pemakaiannya.

Sarankan kepada anak untuk tetap mandi seperti biasa. Hal ini perlu diperhatikan agar kebersihan tetap terjaga dan untuk memperkecil risiko terjadinya infeksi pada area luka khitan oleh bakteri atau kuman yang menempel pada tubuh karena keringat. Anak disarankan tidak terlalu banyak beraktivitas selama 8 jam pertama setelah khitan. Tips berikut ini penting untuk menjaga kestabilan peredaran darah anak, juga mengurangi risiko gangguan pada proses penyembuhan akibat gerak yang berlebihan.

Selain itu juga  sarankan kepada anak untuk tidak menggaruk area luka khitan apa bila mengalami rasa gatal. Usahakan untuk ditahan bila gatal menyerang, kalaupun terpaksa, usaplah dengan kulit telapak tangan bagian luar perlahan-lahan agar jangan sampai menimbulkan luka baru nantinya.Yang dapat menimbulkan hal yang buruk.

Source Langkah-Langkah Setelah Melakukan Khitanan rumah sunatan
Comments
Loading...