budayajawa.id

Landar-Lundur: Permainan Tradisional dari Jakarta

0 19

Permainan landar-lundur dapat ditemukan salah satunya di daerah Tugu, Jakarta Utara. Permainan ini lebih umum dimainkan oleh anak-anak perempuan. Biasanya anak-anak yang bermain sekitar usia 9 tahun. Untuk bermain landar-lundur, sekurang-kurangnya diikuti oleh tiga anak. Kemudian jumlah peserta tersebut dibagi ke dalam dua kelompok, yakni kelompok yang jaga dan kelompok yang jalan.

Arena bermain yang dibutuhkan untuk bermain permainan ini haruslah berupa tempat yang nyaman. Permainan landar-lundur ini memiliki tiga tahapan. Tahapan pertama adalah regu jaga saling duduk berhadapan selonjor bertemu telapak kaki vertikal pada tumit. Sedangkan regu jalan lewat tepat di atas telapak kaki regu jaga yang beradu.

Pada tahapan selanjutnya, regu jaga masih duduk berhadapan dengan kaki selonjor dan beradu telapak kaki. Akan tetapi salah satu telapak kakinya ada yang ditumpangkan ke atas. Kemudian regu jalan mulai berjalan sebagaimana pada tahap pertama. Yakni lewat tepat di atas telapak kaki regu yang berjaga.

Tahapan ketiga, regu jaga duduk membuka kaki dan beradu telapak kaki dengan pasangannya. Dengan demikian, tersedia ruang di antara pertemuan kaki pasangan penjaga. Kemudian regu jalan melewati regu jaga secara diagonal dan bergantian. Terakhir, regu jalan bertindak seperti sikap orang yang sedang buang air besar dengan pantat di dalam ruang kaki tersebut seperti duduk. Kemudian pantat dialihkan ke luar ruang disusul oleh kaki yang dikeluarkan juga. Demikianlah tahapan permainan yang dilakukan secara bergantian.

Source http://budaya-indonesia.org/Landar-lundur http://budaya-indonesia.org
Comments
Loading...