Lambang Dan Makna Dalam Tradisi Upacara Kematian

0 272

Lambang Dan Makna  Dalam Tradisi Upacara Kematian

Di dalam suatu kematian seseorang juga harus di siapkan hal-hal yang di butuhkan dalam pelaksanaan upacara tradisi tersebut di antaranya:

1.Sega golong 

Melambangkan kebulatan tekad yang manunggal atau istilah Jawanya “tekad kang gumolong dadi sawiji”. Dalam hal ini melambangkan bahwa surga adalah tujuan bagi yang meninggal dan yang masih hidup.

2. Sega asahan atau ambengan 

Bagi pihak yang meninggal selalu mendapatkan ampun atas segala dosa-dosanya dan diterima di sisiNya biasanya para masyarakat menyebutnya dengan“pembenganing Pangeran”.

3. Tumpeng/nasi gunungan

Sebagai bahwa orang yang meninggal bisa di tempatkan di posisi atas dan juga melambangkan suatu cita-cita atau tujuan yang mulia (gegayuhan kang luhur), seperti gunung yang mempunyai sifat besar dan puncaknya menjulang tinggi.

4. Tumpeng pungkur

Melambangkan perpisahan antara si mati dengan yang masih hidup,  arwah si mati akan berada di alam yang lain sedangkan yang hidup masih berada di alam dunia yang ramai ini.Sehingga ada alam yang memisahkan mereka.

5. Sega wuduk dan lauk pauk

segar/bumbu lembaran maksudnya untuk menjamu roh para leluhur.

6. Ingkung ayam

Istilah ingkung atau diingkung mempunyai makna “dibanda” atau dibelenggu.Istilah ini yaitu pasrah kepada Tuhan.

7. Kembang rasulan atau kembang telon 

Melambangkan keharuman doa yang dilontarkan dari hati yang tulus ikhlas lahir batin. Bau harus mempunyai makna kemuliaan dan mengandung hal yang baik.

8.Bubur merah dan bubur putih

Bubur merah untuk memule atau tanda bakti kepada roh dari bapak atau roh laki-laki dan bubur putih sebagai tanda bakti kepada roh dari ibu atau roh perempuan.Hal ini melambangkan keberanian dan kesucian.

9.Tukon pasar

Adanya suatu langkah mengenai hari dan pasaran dengan harapan segala perbuatan dan perjalanan roh si mati maupun yang masih hidup ke semua arah penjuru mata angin akan selalu mendapatkan selamat tanpa halangan suatu apa.Sehingga di lancarkan segala urusannya.

Source Lambang Dan Makna Dalam Tradisi Upacara Kematian strfrancois
Comments
Loading...