Kupatan Masal di Tulungagung

0 165

Kupatan Masal di Tulungagung

Memandang sekilas kabupaten Tulungagung merupakan daerah kecil yang tidak bergaung di tingkat nasional, tetapi dibalik itu kabupaten Tulungagung sebenarnya daerah yang menyimpan pesona keindahan alam yang apik dan pantas untuk dinikmati. Di Tulungagung mempunyai banyak tradisi yang sampai saat ini masih dilestarikan. Salah satunya adalah Kupatan Masal.

Lebaran Kupat adalah perayaan yang rutin dilaksanakan tiap H+7 lebaran. Tradisi ini masih dipertahankan di hampir semua daerah di Tulungagung. Mereka mengadakannya bahkan tak sedikit yang kupatan masal. Awalnya kupatan masal memang identik dengan daerah Durenan. Tapi sekarang tidak lagi. Seperti hari ini berlangsung kupatan masal yang ada di Desa Kepuh Kecamatan Boyolangu.

Acara yang diikuti oleh seluruh warga desa ini dikoordinir oleh masing-masing ketua RT. Acara kupatan masal ini memang rutin dilakukan tiap tahun dalam rangka memperingati lebaran ketujuh. Di desa- desa semua menyediakan stan untuk makan ketupat gratis. Bukan hanya untuk warga desanya saja tapi seluruh pengunjung yang datang.

Tujuan diadakannya kupatan masal ini adalah sebagai sarana kebersamaan dan menjaga semangat sangat gotong royong dan juga membiasakan bersedekah kepada sesama. Acara ini biasanya melibatkan banyak orang supaya berlangsung aman dan tertib berkat kerjasama tiga pilar yaitu pemerintah desa, Kapolsek dan TNI. 

Source https://pwnujatim.or.id/ https://pwnujatim.or.id/kupatan-masal-di-tulungagung-berlangsung-khidmat-dan-meriah/
Comments
Loading...