Kuncen di Bumi Adat Kampung Cikondang

0 169

Sesepuh atau yang lebih dikenal dengan nama Kuncen adalah orang terpilih, dalam kesehariannya kuncen di kampung adat cikondang mengenakan pakaian adat Sunda, lengkap dengan iket (ikat kepala). Jabatan kuncen Bumi Adat mencakup sebagai ;

  • Pemangku adat
  • Sesepuh masyarakat
  • Dan pengantar ( guide ) bagi para peziarah

Jabatan kuncen atau ketua adat kampung Cikondang memiliki pola penganngkatan yang khas. Terdapat beberapa syarat untuk menjadi kuncen (sesepuh), diantaranya :

  1. Harus memiliki ikatan darah atau masih keturunan leluhur Bumi Adat
  2. Harus laki – laki dan dipilih berdasarkan wangsit, artinya anak seorang kuncen yang meninggal tidak secara otomatis diangkat untuk menggantikan ayahnya.
  3. Orang tersebut layak diangkat dan dipercaya menjadi kuncen apabila telah menerima wangsit. Biasanya nominasi sang anak untuk menjadi kuncen akan sirna jika pola pikirnya tidak sesuai dengan hukum adat leluhurnya.

Pergantian kuncen biasanya diawali dengan menghilangnya “cincin wulung” milik kuncen. Selanjutnya orang yang menemukan dapat dipastikan menjadi ahli waris pengganti kuncen. Cincin wulung bisa diartikan sebagai mahkota bagi para kuncen di Bumi Adat kampung Cikondang.

Source http://rijalmaulana.com/makalah-kesenian-rumah-kampung-adat-cikondang-pangalengan-bandung/ http://rijalmaulana.com
Comments
Loading...