Kuatkan Budaya Jawa, Disparbud Gelar Festival Sinden

0 150

Kuatkan Budaya Jawa, Disparbud Gelar Festival Sinden

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang kembali melehat sebuah festival. Setelah sukses menggelar pemilihan duta wisata dalam upaya menguatkan sosialisasi berbagai potensi destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Malang, kini dinas di bawah komando Made Arya Wedanthara itu akan meluncurkan festival sinden.

Festival sinden direncanakan akan dilehat 2-3 Juli 2018 dan bertempat di pendapa Kabupaten Malang,  Jalan Panji 158 Kepanjen. Made menyatakan, festival sinden merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Malang dalam menjaga, melestarikan, sekaligus memperkenalkan salah satu budaya Jawa berupa nyanyian Jawa kepada masyarakat luas.

Festival sinden atau dibahasakan secara kekinian sebagai audisi penyanyi Jawa,  masih menurut Made,  terbuka untuk umum. Berbagai persyaratan yang perlu dipenuhi bisa diakses di sekretariat festival. Pendaftaran festival sinden sudah dibuka sejak 26 Maret 2018 dan akan ditutup 26 Juni 2018.

Persyaratan peserta festival sinden adalah wajib penduduk Kabupaten Malang yang berusia antara 15-30 tahun dengan dilampiri fotokopi KTP atau identitas lainnya serta biodata. Usia peserta sebagai salah satu syarat tersebut dimaksudkan sebagai upaya Disparbud Kabupaten Malang dalam semakin memasifkan budaya Jawa kepada generasi yang lebih muda.

Juga untuk semakin memperkenalkan budaya dalam nyanyian Jawa kepada masyarakat berusia produktif. Hal ini didasarkan berbagai budaya tradisi yang kini bertahan hidup, khususnya di Kabupaten Malang,  membutuhkan darah-darah segar.

Sedangkan untuk pemberkasan sebagai bagian dari prasyarat mengikuti festival sinden adalah fotokopi kartu identitas, foto berwarna satu lembar  seluruh tubuh (full body) dan berukuran 4 R atau postcard. Pengambilan dan penyerahan berkas bisa dilakukan di bidang kebudayaan Disparbud Kabupaten Malang di Jalan Raya Singosari 275 dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Source http://m.jatimtimes.com/ http://m.jatimtimes.com/baca/174383/20180625/143440/kuatkan-budaya-jawa--disparbud-gelar-festival-sinden/
Comments
Loading...