budayajawa.id

Kostum yang Digunakan Penari Merak

0 38

Untuk menambah kesan menarik, mereka juga mengenakan selendang yang warnanya senada dengan kostum penari. Selendang itu terikat pada pinggang penari Merak. Ketika dibentangkan, selendang itu tampak seperti sepasang sayap dari seekor burung Merak. Properti bagian badan pada umumnya terdapat lima macam yang melekat sebagai kostum pada bagian tubuh penari. Diantaranya kelima macam aksesoris tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Penutup dada

Para Penari tarian merak untuk menutupi bagian dadanya, mereka memakai kain layaknya kemben. Kain kemben ini dipakai dengan cara melingkar di bagian tubuh dari dada sampai bawah perut. Macam-macam dari penutup dada ini memang cukup beragam jenisnya.

Beberapa macam ada yang dilengkapi dengan tali untuk pengaman agar tidak melorot. Tapi, ada pula kain kemben yang tanpa tali. Sesuai dengan tema tarian, aksesoris dan propertinya juga berwarna-warni untuk menghiasi kostum ini.

2. Apok

Apok merupakan sebuah aksesoris penutup yang berbentuk panjang dan melingkar. Seperti kalung yang dipakai oleh penari sebagai penutup leher hingga ke bagian dada. Fungsi dari Apok adalah untuk mempermudah saat melakukan koreografi. Apok yang dipakai juga dihiasi dengan motif-motif khas, agar terlihat sangat indah jika dilihat mata.

3. Sayap

Apabila dalam Tari Jaipong kita mengenal aksesoris sampur, semacam selendang yang dikaitkan di leher. Namun, kalau pada tarian merak kita mengenal sayap. Jika dilihat secara keseluruhan sayap ini menjadi ciri utama yang membedakan kostum tari merak dengan busana tarian lain.

Keunikan dan keindahan tari merak terlihat dari ornamen yang berwarna-warni dengan corak menyerupai bulu burung merak. Dalam pertunjukan tari merak, sayapnya ini memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri. Yang mana sayapnya ini menggambarkan bahwa tarian ini melambangkan seekor burung merak.

Selain ketiga bagian utama dalam kostum yang melekat pada tubuh. Aksesoris-aksesoris untuk para penari masih ada lagi yaitu sabuk sebagai penutup pinggang dan sampur.

Kostum pada bagian bawah ini, para penari memgenakan busana berbentuk rok, dengan motif yang serasi dengan properti. Tidak ketinggalan juga, aksesoris atau pernak-pernik yang melekat pada kostum juga dibuat semirip mungkin dengan bulu burung merak.  Adapun untuk aksesoris pendukung tari merak, seperti gelang dan kilat bahu juga dikenakan oleh para penari buat menambah keindahan.

Source https://qudsfata.com/tari-merak/ https://qudsfata.com
Comments
Loading...