Kostum Tari Topeng Cirebon Bagian Tengah

0 51

Kostum Tari Topeng Cirebon Bagian Tengah

Dari sekian banyak jenis tari topeng cirebon setidaknya terdapat 4 jeni yang hingga kini sangat populer di kalangan masyarakat. Keempat tarian yang populer tersebut ialah Tari Topeng Panji, Samba, Tumenggung, dan Topeng Kelana.

Untuk mempermudah dalam mempelajari bagian-bagian busana dalam pementasan tari topeng cirebon bisa kita bagi menjadi 3 bagian yakni bagian atas, bagian tengah, dan bagian bawah. Berikut penjelasan mengenai ketiga bagian tersebut.

Bagian Tengah

Sebagai penutup tubuh para penari mengenakan baju kurung lengan pendek yang biasanya berwarna mencolok seperti merah dan kuning dan dihiasi dengan aneka hiasan dari benang layaknya kain bordir.

Keunikan Kostum Tari Topeng Cirebon juga terdapat di bagian tengah, salah satunya yakni adanya sebuah dasi yang dikenakan setelah pemain memakai Mongkron. Mongkron sendiri merupakan penutup dada yang dikenakan pada bagian bahu hingga ke pinggang.

Tak ketinggalan kain panjang guna mendukung gerakan tari topeng atau yang akrab disebut dengan nama “Sampur” juga turut menghiasi bagian pinggang sang penari. Selain busana yang telah kita sebutkan pernik lain yang dikenakan oleh para penari pada bagian badan yakni keris. 

Source https://www.senitari.com/ https://www.senitari.com/2016/05/kostum-tari-topeng-cirebon.html
Comments
Loading...