Kostum Tari Topeng Cirebon Bagian Atas

0 142

Kostum Tari Topeng Cirebon Bagian Atas

Dari sekian banyak jenis tari topeng cirebon setidaknya terdapat 4 jeni yang hingga kini sangat populer di kalangan masyarakat. Keempat tarian yang populer tersebut ialah Tari Topeng Panji, Samba, Tumenggung, dan Topeng Kelana.

Untuk mempermudah dalam mempelajari bagian-bagian busana dalam pementasan tari topeng cirebon bisa kita bagi menjadi 3 bagian yakni bagian atas, bagian tengah, dan bagian bawah. Berikut penjelasan mengenai ketiga bagian tersebut.

Bagian Atas

Pada bagian atas para penari tari topeng mengenakan beberapa properti dan pernik yang termasuk ke dalam kostum atau busana tari. Topeng adalah salah satu peranti wajib yang mencirikan jika tarian tersebut merupakan tari topeng. Uniknya topeng ini dikenakan oleh para penari dengan cara digigit pada sebuah karet atau bantalan yang tepat berada di sisi dalam dari piranti tersebut.

Sementara ini sebagai penutup kepala para penari mengenakan kupluk yakni tutup kepala semacam surban yang menyerupai jamangan dan di dalamnya terdapat beberapa pernik sebagai hiasan. Selain itu di para penari juga mengenakan sumping yang diselipkan di bagian telinga kanan dan kiri. Jadi jika kita lihat secara sekilas kostum bagian atas Tari Topeng Cirebon mirip dengan properti atau busana pada kesenian wayang orang.

Source https://www.senitari.com/ https://www.senitari.com/2016/05/kostum-tari-topeng-cirebon.html
Comments
Loading...