Kostum Tari Jaipong: Sinjang

0 139

Kostum Tari Jaipong: Sinjang

Pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda ketika anda mendengar kata “Tari Jaipong”. Tari Jaipong adalah tarian tradisional yang berasal dari Bandung Jawa Barat. Tarian tersebut merupakan tarian tradisional yang sangat populer di Indonesia. Hampir sebagian masyarakat Indonesia pernah menonton pertunjukan tarian ini.

Tarian diciptakan oleh seniman berdarah Sunda yaitu Gugum Gumbira dan Haji Suanda. Tarian ini adalah penggabungan dari beberapa kesenian tradisional seperti Wayang Golek, Pencak Silat dan Ketuk Tilu.

Sehingga membuat gerakan dalam tarian ini sangat enerjik dan juga unik. Untuk tarian ini menjadi tarian yang sangat menarik dan enerjik dengan diiringi oleh alat musik degung.

Gerakan tari dalam tarian ini sangat enerjik, ceria, dan humoris, sehingga banyak orang yang ikut menari saat menonton pertunjukan tarian ini. Selain itu tarian ini juga sering mengundang gelak tawa para penonton. Karena keunikannya, sampai sekarang tarian ini masih sangat diminati masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat.

Busana atau pakaian yang dikenakan penari saat pementasan sangat beragam. Busana pada tari tradisional dan tari gaya baru terdapat perbedaan corak. Tetapi busana yang dikenakan saat pentas tetap busana tradisional seperti:

Sinjang

Walaupun saat ini sudah banyak kreasi dari busana tarian ini. Tetapi pada awalnya busana yang dikenakan adalah kain yang menyerupai celana panjang. Celana panjang inilah yang disebut Sinjang.

Source https://www.romadecade.org https://www.romadecade.org/tari-jaipong/#!
Comments
Loading...