Kostum Tari Bondan

0 33

Kostum Tari Bondan

Tari Bondan merupakan salah satu contoh tari klasik yang berasal dari daerah Surakarta, Jawa Tengah. Dibandingkan dengan tari-tarian tradisional lainnya, tari bondan dianggap memiliki keunikan tersendiri. Tarian yang dimainkan dengan properti berupa payung, boneka bayi dan kendi ini dikatakan unik karena berbagai gerakannya menceritakan tentang kisah dan kasih sayang seorang ibu kepada anak bayinya. 

Tari bondan adalah  tari yang terlahir dari kebudayaan masyarakat Surakarta masa silam. Tarian ini mengisahkan tentang seorang ibu yang mengasuh anaknya, memberikan kasih sayang, dan merawat bayinya hingga besar. Tidak diketahui siapa sebetulnya orang yang menciptakannya, yang jelas tarian ini, kini menjadi sangat populer dan sering dipentaskan dalam berbagai kesempatan.

Para penari bondan wajib mengenakan kostum khusus pakaian adat khas gadis desa Jawa ketika akan menari. Untuk tari bondan cindogo dan bondan mardisiwi, para penari harus mengenakan busana berupa kain yang diwiron, baju kotang, jamang, dan properti tari berupa kain jarek, kendi, payung kertas, serta boneka. Sedangkan untuk tari bondan tani, para penari lazimnya mengenakan topi caping, menggendong rinjing atau tenggok, dan membawa alat-alat pertanian seperti sabit atau golok.

Source http://kisahasalusul.blogspot.com http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/09/tari-bondan-asal-usul-sejarah-dan.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.