Kostum Dan Tata Rias Tari Lahbako Jember

0 370

Kostum Dan Tata Rias Tari Lahbako Jember

Tari Lahbako adalah tarian tradisional yang menggambarkan kehidupan para petani tembakau di Jember, Jawa Timur. Tarian ini dipentaskan oleh beberapa penari perepuan dengan gerakan yang menggambarkan aktivitas para petani di ladang atau kebun tembakau. Tari Lahbako ini merupakan salah satu kesenian tradisional yang terkenal di Jawa Timur dan menjadi salah satu icon kota Jember.

Kostum yang digunakan dalam pertunjukan Tari Lahbako ini pada dasarnya merupakan busana tradisional dengan yang menggambarkan para petani tembakau disana. Pada bagian kepala penari menggunakan Sanggul Cemol, yaitu jenis sanggul yang memanjang keatas.

Selain itu berbagai aksesoris seperti bendera kecil hiasan, anting – anting, dan hiasan lain berbentuk daun tembakau. Untuk baju yang digunakan, biasanya menggunakan baju kebaya. Kemudian pada bagian bawah menggunakan kain panjang atau sarong dan celemek atau tatakan yang biasanya digunakan para petani untuk mengukur daun yang akan dipetik. Selain kostum, penari terlihat cantik dan lugas dengan tata rias gaya Madura yang disesuaikan dengan kostum yang di gunakan.

Source http://www.negerikuindonesia.com/ http://www.negerikuindonesia.com/2015/08/tari-lahbako-tarian-tradisional-dari.html
Comments
Loading...