Kostum dan Gerakan Tari Cokek Betawi

0 192

Kostum dan Gerakan Tari Cokek Betawi

Tari cokek adalah kesenian klasik yang berasal dari Betawi. Jenis tarian yang ditampilkan secara berkelompok ini memiliki gerakan khas. Dengan ciri utama bergerak maju mundur seiring alunan musik gambang kromong yang terdengar. Dalam berbagai kesempatan pertunjukan tari khas dari Betawi ini juga terlihat sebagai pengiring pertunjukan kesenian tari yang bernuansa modern.

Dalam kesenian tari cokek para penari terlihat mengenakan pakaian dengan wanra mencolok dalam bentuk baju kurung serta ditembahkan dengan celana. Properti utama sebagai pelengkap busana tak lalin adalah selendang yang disebut cokek.

Selendang ini nanti berfungsi sebagai peroperti utama yang mendukung gerakan para penari. Sekaligus digunakan untuk mengajak penonton yang dipilih dengan cara mengalungkannya pada leher penonton. Gerakan yang terlihat menjadi ciri utama tarian cokek tak lain ialah gerakan maju mundur, memutar, berjinjit, menggelengkan kepala, serta memainkan kelentikan kedua tangan.

Kostum yang dikenakan oleh para penari merupakan baju kurung dilengkapi dengan celana polos berwarna mencolok. Sementara properti utama yang digunakan dalam tarian ini yakni selendang yang dikalungkan pada leher sang penari dan disebut dengan nama cokek. Gerak yang terdapat dalam pertunjukan cokek sangat beragam mulai dari maju mundur, berjinjit, menggelengkan kepala hingga berputar-putar seirama dengan alunan musik gambang kromong.

Source https://www.senitari.com/ https://www.senitari.com/2015/10/sejarah-tari-cokek-betawi.html
Comments
Loading...