Kolecer Permainan Tradisional Jawa Barat

0 103

Kolecer Permainan Tradisional Jawa Barat

Kolecer merupakan permainan masyarakat sunda sudah sejak lama dan dapat kita jumpai pada saat di penghujung musim hujan atau memasuki musim kemarau. Saat musim kemarau berbarengan dengan cuaca cerah saat itu angin sangat bersahabat menghembuskan nafasnya kebumi. Saat itu pula anak-anak didesa Situ Udik ramai membuat kolecer atau kincir angin dalam bahasa Indonesianya.

Bukan hanya dimainkan oleh anak-anak tapi para orang dewasa juga ikut membantu untuk membuat kolecer yang bahanya dibuat dari sebilah bambu lalu diberi ekor dengan pelepah daun kelapa maupun daun kirai. Berbagai bentuk dari ukuran kecil hingga besar dapat kita jumpai kolecer tersebut dimusim kemarau. Kolecer tersebut dipasang pada pohon-pohon yang ketinggiannya bervariasi.

Suaranya sangat khas terdengar saat kolecer-kolecer tersebut berputar ditiup hembusan angin bagaikan nyanyaian alam yang mendayu. Kearipan lokal ini memang salah satu ciri khas masyarakat Sunda yang perlu dilestarikan sebagai khasanah budaya di Indonesia.

Source https://newswartapublik.wordpress.com/ https://newswartapublik.wordpress.com/2017/03/17/kolecer-permainan-tradisional-jawa-barat-suaranya-bagaikan-nyanyaian-alam-yang-mendayu/
Comments
Loading...