Koin Pepaya, Permainan Tradisional

0 11

Koin Pepaya, Permainan Tradisional

Koin pepaya merupakan salah satu permainan tradisional yang dilombakan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 17 agustus. Permainan ini biasa dimainkan oleh anak anak, baik laki laki maupun perempuan. alat dan bahan yang diperlukan adalah:

1. Pepaya muda

2. Arang yang ditumbuk halus

3. Minyak makan

4. Koin Rp. 200, Rp. 500, dan Rp. 1000 sebanyak yang diinginkan

5. Tali rafia

cara membuat:

1. Memasukkan koin rupiah ke dalam pepaya muda (jangan terlalu dalam dan diberi jarak antar koin)

2. Mengoleskan minyak dan arang halus  pada permukaan pepaya muda

3. Mengikat pepaya pada tali rafia dan menggantungkannya pada tiang.

Cara memainkan permainan tradisional ini adalah mencari 4 peserta untuk mengikuti lomba ini, dan saat waktu dimulai para peserta berlomba mengambil koin sebanyak banyaknya yang berada dalam pepaya tersebut dengan menggunakan mulut mereka (tangan diletakkan dibalakang)

Untuk mengambil koin dalam pepaya ini tidaklah mudah, karena memerlukan gigi yang kuat untuk mengambil koin yang licin dan  dan keberanian untuk tidak takut kotor dengan arang yang warnanya hitam.

Nilai yang terkandung dalam permainan ini adalah bagaimana cara kita bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, dan melatih sportivitas. Barangsiapa yang mempunyai kegigihan lebih dan berusaha semaksimal mungkin, hasil yang akan didapatkan juga maksimal, dalam kasus permainan ini akan mendapatkan banyak uang koin.

Source https://budaya-indonesia.org/Koin-Pepaya/ https://budaya-indonesia.org/Koin-Pepaya/
Comments
Loading...