Kliningan Tanji, Sebuah Kesenian Pencampuran Betawi dan Sunda

0 45

Kiliningan Tanji sama halnya dengan Tanjidor, namun dalam pertunjukkannya disertakan seperangkat Gamelan Salendro, yaitu perangkat gamelan yang biasa dipergunakan dalam pertunjukkan Kiliningan. Seni ini dinamakan Kiliningan Tanji, yaitu perpaduan antara tabuhan Tanjidor dengan Gamelan Salendro (Kiliningan).

Waditra yang di pergunakan dalam Kiliningan Tanji yaitu Pliston, Trombon, Biola (Piul). Sedangkan dari Kiliningan Waditra yang di gunakan yaitu Bonang Besar dan Bonang Kecil, satu set kendang, satu set gong, kecrek, dan jenglong.

Dalam pertunjukkannya, Anda akan melihat beberapa orang Pesinden atau Biduanita. Lagu-Iagu yang disajikan antara lain Gaplek, Buah Kawung, Ande-ande Lumut, Lembayung. Beberapa buah lagu yang ditambahkan biasa dilantunkan dalam pertunjukan Tanjidor. Selain menampilkan Iagu-Iagu, juga ditampilkan tarian atau joget yang di sebut Japlin atau Japin.

Pada perkembangannya, selain dipentaskan di atas panggung, kadang-kadang di sertakan pada seni Helaran Anak Khitanan atau Seserahan pada pesta pernikahan. Kiliningan Tanji ini berkembang dan merebak di sekitar daerah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, dan Kota Cirebon.

Kliningan Tanji biasa dipentaskan untuk memeriahkan acara pernikahan. Dalam acara tersebut, pertunjukan yang merupakan perpaduan budaya Betawi dan Sunda itu ditampilkan untuk memeriahkan prosesi seserahan. Anda juga dapat menyaksikan salah satu kesenian khas Bekasi ini pada acara khitanan maupun panggung khusus untuk menampilkan Kliningan Tanji.

Source Kliningan Tanji, Sebuah Kesenian Pencampuran Betawi dan Sunda Kliningan Tanji, Sebuah Kesenian Pencampuran Betawi dan Sunda Kliningan Tanji, Sebuah Kesenian Pencampuran Betawi dan Sunda

Leave A Reply

Your email address will not be published.