Kitab-Kitab Kasusastran Jawa Kuna, Golongan Tua

0 86

Kasusastran Jawa Kuna, Golongan Tua

Candrakirana, Ramayana, Sang Hyang Kamahayanikan, Brahmandapurana, Agastyaparwa, Utarakanda, Adiparwa, Sabhaparwa, Wirathaparwa, Udyogaparwa, Bismaparwa, Asramawasanaparwa, Mosalaparwa, Prasthanikaparwa, Swargarohanaparwa, Kundjarakarna.

Contoh isi Kunjarakarna:Kitab ini milik orang-orang Budha-Mahayana seperti juga halnya dengan kitab Sang Hyang Kamahayanikan. Kisah ceritanya, adalah seorang raksasa bernama Kunjarakarna yang ingin meruwat menjadi manusia. Maka datanglah ia menghadap Batara Wairocana, penghulu lima Dhyani-Budha. Sang Kunjarakarna diperintahkan pergi ke neraka dahulu, agar mengetahui keadaan di situ. Setiba di tempat bersemayam Batara Jamadipati, ia diperlihatkan akan segala macam hukuman dan nyawa yang disiksa. Demi dilihatnya kawah yang sedang dibersihkan untuk menghukum Sang Purnawijaya, bahwa sudah tersedia kawah baginya. Sang Kunjarakarna terus pergi menghadap Sang Wairocana dan menerima pelajaran. Maka akhirnya ia dapat meruwat menjadi seorang manusia yang tampan, elok rupanya. Sang Purnawijaya ikut pula menghadap dan diberi pelajaran juga. Ketika ia meninggal, maka sesungguhnya ia harus disiksa sampai beratus-ratus tahun, tetapi hanya disiksa sepuluh hari saja. Lagipula nyawanya masuk kembali ke dalam tubuhnya dan masih dinantikan istrinya, yang bernama Kusuma Gandawati.

Source https://catatanwongndeso.wordpress.com https://catatanwongndeso.wordpress.com/2014/02/18/kitab-kitab-kasusastran-jawa/
Comments
Loading...