Kisah di Balik Asal Muasal Berdirinya Candi Jawi Pasuruan

0 165

Kisah di Balik Asal Muasal Berdirinya Candi Jawi Pasuruan

Indonesia merupakan bangsa besar yang memiliki beragam warisan budaya yang kaya raya. Salah satu jejak peninggalan tingginya peradaban Indonesia di masa lampau ialah candi. Ada banyak candi yang hingga saat ini masih dapat disaksikan sebagai saksi bisu keberadaan kerajaan-kerajaan nusantara.

Namun, berdirinya sebuah candi tentu tak dapat terlepas dari asal usul yang melatari pembangunannya. Salah satunya adalah candi yang terdapat di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Candi Jawi merupakan candi yang menggambarkan kemegahan kultur nusantara di masa lalu di Pasuruan. Bangunan bersejarah ini adalah peninggalan era Kerajaan Singasari yang berada di Desa Candi Wates.

Berdirinya candi ini erat hubungannya dengan upacara keagamaan sebagai bentuk penghormatan kepada Dewayadnya. Konon, Candi Jawi ini juga digunakan sebagai tempat menyimpan abu jasad Raja Kartanegara. Ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa Candi Jawi merupakan kuil yang diperuntukkan sebagai tempat pemujaan para dewa. Secara arsitektur, Candi Jawi terlihat menyerupai pagoda dengan tiga tingkatan.

Bagian atas hingga badan candi terbuat dari batu putih, sedangkan bagian bawah seluruhnya menggunakan batu andesit. Candi bercorak Hindu-Buddha ini terlihat lebih canntik lantaran ditunjang latar belakang candi berupa pemandangan pegunungan yang eksotik.

Source Kisah di Balik Asal Muasal Berdirinya Candi Jawi Pasuruan Okezone News
Comments
Loading...