Kisah di Balik Asal Muasal Berdirinya Candi Gunung Gangsir Pasuruan

0 139

Kisah di Balik Asal Muasal Berdirinya Candi Gunung Gangsir Pasuruan

Indonesia merupakan bangsa besar yang memiliki beragam warisan budaya yang kaya raya. Salah satu jejak peninggalan tingginya peradaban Indonesia di masa lampau ialah candi. Ada banyak candi yang hingga saat ini masih dapat disaksikan sebagai saksi bisu keberadaan kerajaan-kerajaan nusantara. Namun, berdirinya sebuah candi tentu tak dapat terlepas dari asal usul yang melatari pembangunannya. Salah satunya adalah candi yang terdapat di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

 

Berbicara soal Candi Gunung Gangsir di Desa Gunung Gangsir, Kecamatan Beji atau sekira lima kilometer dari pusat Kota Bangil, erat kaitannya dengan sosok Mbok Rondo Darmo. Seorang perempuan yang asal usulnya tidak diketahui itu semasa hidupnya berinisiatif mengajak masyarakat untuk meminta petunjuk kepada Hyang Widi guna mengatasi masalah kekurangan bahan pangan.

Daerah ini dahulu konon merupakan lahan subur. Namun ironis, masyarakat tidak mengerti cara mengelola lahan pertanian dan sumber pangan sehingga hanya mengandalkan berburu binatang saja. Nah, saat eksistensi hewan mulai amat berkurang, masyarakat pun dilanda kelaparan.

Hingga akhirnya, hewan sebangsa burung gelatik menjatuhkan biji padi di daerah tempat Mbok Rondo, yang kemudian langsung berbuah. Saat kulit buahnya dibuka, ternyata berisi emas. Alhasil, Mbok Rondo Darmo alias Nyi Sri Gati dan masyarakat di daerah itu mendadak menjadi kaya raya. Peristiwa itulah yang mengajarkan masyarakat bercocok tanam dan lambat laun meninggalkan kebiasaan berburu hewan.

Itulah sebabnya pada ornamen candi di setiap sisi-sisinya banyak ditemui relief bergambar tanaman seperti padi, kapas, maupun tanaman palawija. Selain itu, candi ini juga terdapat ornamen hewan seperti gajah, buaya, babi, anjing, dan kuda terbang yang merupakan simbol kemakmuran.

Source Kisah di Balik Asal Muasal Berdirinya Candi Gunung Gangsir Pasuruan Okezone News
Comments
Loading...