Kisah di Balik Asal Muasal Berdirinya Candi Belahan Pasuruan

0 169

Kisah di Balik Asal Muasal Berdirinya Candi Belahan Pasuruan

Indonesia merupakan bangsa besar yang memiliki beragam warisan budaya yang kaya raya. Salah satu jejak peninggalan tingginya peradaban Indonesia di masa lampau ialah candi. Ada banyak candi yang hingga saat ini masih dapat disaksikan sebagai saksi bisu keberadaan kerajaan-kerajaan nusantara. Namun, berdirinya sebuah candi tentu tak dapat terlepas dari asal usul yang melatari pembangunannya. Salah satunya adalah candi yang terdapat di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Candi Belahan berada di Dusun Belahan Jowo, Desa Wonosonyo, Kecamatan Gempol atau tepatnya di sebelah timur Gunung Penanggungan. Candi tersebut konon dibangun sebagai tempat pemandian bagi kedua permaisuri Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan. Kedua permaisuri itu yakni Dewi Laksmi dan Dewi Sri.

Itulah sebabnya bila di candi itu terdapat dua patung berwujud perempuan. Menurut cerita, candi ini juga disebut Candi Sumber Tetek. Sebab, di salah satu patung, yaitu patung Dewi Laksmi tepat di bagian payudaraya mengeluarkan air jernih. Air yang berasal dari candi tersebut diyakini masyarakat melambangkan kesuburan, sehingga airnya sangat diburu. Mitos lain, air itu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, menghindarkan diri dari malapetaka, bahkan bisa membuat seseorang menjadi awet muda.

Source Kisah di Balik Asal Muasal Berdirinya Candi Belahan Pasuruan Okezone News
Comments
Loading...