Kirap Gunungan Dalam Rangka Bersih Desa di Hargomulyo

0 59

Kirap Gunungan Dalam Rangka Bersih Desa di Hargomulyo

Bersih desa atau rasulan desa Hargomulyo yang dilaksanakan setelah sholat Jum’at dan akan di tutup dengan wayang kulit semalam suntuk. Bersih desa, desa Hargomulyo di mulai pada hari ini memang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Bersih desa pada saat ini melibatkan semua lapisan masyarakat baik pemerintah desa, kecamatan maupun dinas kebudayaan daerah kabupaten gunungkidul. Masyarakat sendiripun ikut turun langsung menyemarakan adanya kirap gunungan.

Acara kirap gunungan dimulai dari kompleks balai desa hargomulyo. Sebelum kirap gunungan berjalan secara bersamaan maka gunungan di arak terlebih dahulu. Dari dusun masing-masing menuju desa hargomulyo setelah sampe di balai desa Hargomulyo.

Gunungan dari masing masing dusun di masukkan ke dalam aula balai desa dan diberikan nomor urut. Nomor urut dalah nomor yang akan di gunakan untuk urutan pemberangkatan menuju rute yang telah di tentukan panitia.

Jumlah dusun yang berada di desa hargo mulyo ada 14 dusun secara otomatis ada 14 gunungan ditambah satu gunungan dari bali desa. Acara kirap dimulai kurang lebih pada pukul dua siang. Dengan di awali pembukaan dan di latjutkan dengan sambutan sambutan di antaranya sambutan dari ketua panitia, sambutan kepala desa haragomulyo dan sambutan yang terakhi Camat gedangsari.

Setelah itu kirap baru di jalankan di pimpin lansung oleh lurah desa Hargomulyo beserta camat Gedangsari berada di posisi paling depan dengan menggunakan dua kuda. Setelah itu berjalan menuju rute yang telah di tentukan dan di ikuti gunungan dari masing-masing di sun sesuai dengan nomor urut.

Rute kirap gunungan adalah dari balai desa Hargomulyo. Melewati dusun gedangan, dusun balong, dusun bulu dan berakhir di tanah lapang desa hargomulyo di dusun jetis. Setiap gunungan dari masing-masing dusun memiliki ciri khas masing-masing. Karena setiap dusun mempunyai kreasi sendiri-sendiri. Ada beberapa model gunungan ada yang berbentuk menyerupai gunung atau kerucut. Ada yang berbentuk rumah joglo dengan hiasan hasil tani.

Source http://www.gedangsari.com/ http://www.gedangsari.com/gebyar-budaya-kirap-gunungan-dalam-rangka-bersih-desa-di-hargomulyo.html
Comments
Loading...