Kirab Sapujagad

0 115

Kirab Sapujagad

Peduli pada kelestarian budaya, ratusan warga di Ponorogo, menggelar tradisi kirab sapujagad. Sambil membawa obor, ribuan warga berkeliling desa.

Kegiatan ini di Lapangan Desa Sukosari, Kecamatan Babadan, Ponorogo. Dengan dipimpin sesepuh desa setempat, prosesi berjalan dengan hikmat. Tak hanya membuat kagum para penonton, ritual bersih desa yang di kemas secara tradisional dan turun temurun ini, dimulai dari beberapa prosesi. Yakni penyerahan sapu jagad, dilanjutkan penyerahan air dari 7 sumber untuk penyiraman tanah desa oleh kepala desa.
Setelah berbagai prosesi dilakukan, ribuan warga langsung memulai berjalan keliling kampung sambil beriringan. Diawali pengawal, kemudian 7 orang pembawa sapu. Diteruskan dibelakanganya, pembawa panji dan kembang. Di belakanga demang atau kepala desa, Diteruskan ratusan warga, ibu ibu, pemuda hingga anak anak untuk Berjalan kaki keliling desa.
Menurut Sunarso sesepuh desa, prosesi tradisi kirab sapujagad, di Desa Sukosari Kecamatan Babadan Ponorogo sudah turun temurun. Digelar dalam rangka kegiatan bersih desa.

Selain pelestarian budaya, kegiatan yang melibatkan seluruh warga ini, sebagai sarana pengenalan tradisi khas Ponorogo. Agar tidak kalah dengan budaya asing. “Makna filosofisnya, kegiatan ini membersihkan sengkala atau keburukan dan kejahatan di desa,” kata Sunarso.

Source https://budaya-indonesia.org/Kirab-Sapujagad/ https://budaya-indonesia.org/Kirab-Sapujagad/
Comments
Loading...