Kirab Pusaka Tapa Bisu Malam 1 Suro

0 131

Menyambut datangnya Tahun Baru Jawa atau yang sering disebut Malam Satu Suro, Pura Mangkunegaran Solo akan menggelar kirab, Senin malam September 2018. Rombongan kirab akan mengelilingi tembok Pura Mangkunegaran.

Joko Pramudyo yang menjadi panitia mengatakan, kirab itu akan diikuti oleh para kerabat. “Selain itu biasanya banyak masyarakat juga ikut bergabung,” katanya di Solo, Senin,. Warga akan ikut berjalan di belakang peserta kirab yang membawa pusaka milik Mangkunegaran.

Iring-iringan itu akan berjalan berkeliling sembari tapa bisu atau berjalan dengan berdiam diri. “Tidak boleh berbicara,” katanya. Ritual tapa bisu selalu dilakukan pada Malam Satu Suro sebagai bentuk perenungan.

Penyambutan tahun baru Jawa, Joko menjelaskan, memang berbeda dengan tahun baru Masehi yang cenderung berhura-hura. Bagi masyarakat Jawa, tahun baru menjadi sebuah momen merenung dan kontemplasi. “Kirab akan dilanjutkan dengan kegiatan semedi di pendapa,” katanya. Kegiatan itu akan berlangsung sejak tengah malam hingga pagi hari. Dia berharap masyarakat yang ingin mengikuti acara tersebut untuk menyesuaikan dengan mengenakan pakaian tradisional.

Source https://www.tabloidbintang.com https://www.tabloidbintang.com/berita/peristiwa/read/111200/malam-satu-suro-pura-mangkunegaran-gelar-kirab-dengan-tapa-bisu
Comments
Loading...