Kirab Haul Ki Ageng Singoprono di Gunung Tugel

0 40

Masyarakat sekitar Gunung Tugel, Nglembu, Sambi, Boyolali pada Minggu pagi hingga siang kemarin nampak antusias menyaksikan jalannya kirab Haul Ki Ageng Singoprono. Pangarsa acara kirab, KRT Surojo Adi Nagoro mengatakan, kirab ini merupakan akulturasi budaya, agama, dan adat istiadat yang sudah tiga tahun ini terus diuri-uri masyarakat sekitar.

Adapun kirab tersebut, lanjut pria yang akrab dipanggil Murjito itu, diikuti oleh sejumlah budayawan di Boyolali, masyarakat Desa Slembu, pasukan berkuda, sejumlah maesa bule keturunan Kyai Slamet dan prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Prosesi kirab di mulai dari Balai Desa menuju Gunung Tugel, tempat dimakamnya Ki Ageng Singoprono dengan mengusung dua gunungan, dan beragam pusaka. Kirab diikuti ribuan peziarah sampai di Gunung Tugel untuk mengikuti pengajian dan doa bersama sejumlah keluarga Keraton Kasunanan.

“Kita menghadirkan antara budaya dan agama. Sehingga bisa mempererat kebersamaan,” ujar Murjito. Menurut Murjito, Ki Ageng Singoprono adalah seorang tokoh penyebar Islam yang merupakan keturunan dari penguasa Majapahit, Raja Brawijaya V. Dalam masa penyebaran agama Islam tersebut, Ki Ageng Singoprono menjabat sebagai Demang Singowalen, sebuah wilayah yang saat ini berada di wilayah Kecamatan Simo.

Source https://www.fokusjateng.com https://www.fokusjateng.com/2017/09/11/kirab-haul-ki-ageng-singoprono-di-gunung-tugel-ini-foto-foto-lengkapnya/
Comments
Loading...