Kirab Budaya Tutup Tradisi Suran di Dusun Kowang

0 76

Penutupan Tradisi Suran di Dusun Kowang diramaikan dengan Kirab Budaya. Tidak kurang 120 peserta mengikuti kegiatan yang diadakan guna memperingati  Ki Ageng Singokerti dan Tahun baru Hijriyah 1440. “Kegiatan Suran ini sudah berlangsung selama lima tahun ini”, kata Wagiran, selaku panitia acara. Kegiatan ini diperingati selama 5 Hari, dengan rangkaian acara Muhajadah, Pengajian, Pentas Badui, Jathilan, Lomba mewarnai dan Pentas Seni TK.

Kirab Budaya dan Dangdut menjadi acara penutup dari Tradisi Suran pada Selasa, di Dusun Kowang, Selomartani, Kalasan Sleman. Peserta kirab diikuti dari berbagai kontingan, yakni Dusun Kledokan, Kowang, Sindulapan. Sebelum diadakan rayahan atau perebutan gunungan yang diarak, kegiatan ini diawali dengan upacara yang diadakan di Makam Ki Ageng Singokerti.

Upacara yang dipimpin oleh Nurwidyati selaku Kepala desa di Kecamatan Selomartani, Sleman pun berjalan dengan khidmat. Memadukan dimensi agama, seni dan budaya, Wagiran berharap acara ini bisa memadukan tontonan, tuntunan dan tatanan. Rangkaian Kegiatan ini sebagai rasa syukur dan syiar Islam khususnya. Dangdut sebagai acara puncak serta pungkasan dari kegiatan ini akan diadakan di Kecamatan Selomartani pada malam ini.

Source https://krjogja.com https://krjogja.com/web/news/read/77306/Kirab_Budaya_Tutup_Tradisi_Suran_di_Dusun_Kowang
Comments
Loading...