Kirab Budaya Nusantara Kadin, Unik dan Menarik

0 82

Kirab bertajuk ‘Kirab Budaya Nusantara Kadin 2018’ diikuti 1.000 orang, diantaranya 34 orang Ketua Kadin Kamar Dagang dan Industri se Indonesia, Ketua Umum Kadin Pusat Rosan P. Roeslani dalam balutan kostum pakaian adat nusantara berlangsung meriah ditonton oleh ribuan warga Solo yang memadati Jalan Slamet Riyadi, Solo, Selasa. Kirab yang mulai start dari Stadion Sriwedari, Solo dan berakhir di Balai Kota Solo tersebut merupakan kirab pertama yang digelar sepanjang sejarah pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Rapimnas Kadin sejak tahun 1968 lalu.

Menurut Gareng Haryanto Ketua Kadinda Surakarta , Kirab Budaya Nusantara  Kadin Indonesia tersebut ditujukan untuk merajut tali silaturahmi serta  mempromosikan potensi daerah Solo Raya. Baik dari sisi perdagangan, pariwisata dan sebagainya. “Kirab  bakal  menjadi momentum untuk memperkenalkan Solo sebagia Kota Pariwisata, Budaya dan Mice ( akronim bahasa Inggris dari “Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition” (Indonesia: Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran),” ujar Gareng  kepada wartawan, Selasa .

Berbagai sajian kostum budaya dikeluarkan dalam kirab budaya Kadin Nusantara itu. Iring-iringan paling depan bertuliskan logo Kadin 50 tahun. Kemudian di belakangnya  manggalayudha atau pimpinan kirab  dengan kostum Senopati naik kuda dilakukan oleh tuan rumah, ketua Kadinda Surakarta Gareng Haryanto. Para ketua , pengurus Kadin dari berbagai daerah itu nampak menikmati arak-arakan kirab budaya Nusantara Kadin itu. “Cuaca kota Solo juga cerah, sehingga mendukung terselenggaranya Kirab Budaya Kadin.

Kami juga menikmati memamerkan pakaian adat masing-masing dari daerah kami,”ujar salah seorang pengurus Kadinda dari Palembang yang sambil naik kuda mengenakan pakaian adat Sumatra Selatan.  Untuk mewakili potensi Solo, juga akan ditampilkan perwakilan dari pasar tradisional, sanggar seni budaya, Keraton Solo serta Pura Mangkunegaran. “Panitia setidaknya telah menyiapkan  12 kereta kencana dan 50 kereta hias, serta puluhan kuda tunggangan ada mobil hias dan sebagainya,” kata Gareng.

Source https://krjogja.com https://krjogja.com/web/news/read/84316/Kirab_Budaya_Nusantara_Kadin_Unik_dan_Menarik
Comments
Loading...