Kirab Budaya Masa Lalu di Hari Jadi Kota Pati

0 57

Kirab Budaya Masa Lalu di Hari Jadi Kota Pati

Dalam acara kirab yang dilakukan setiap lima tahun sekali ini,  prosesi perjalanan Kirab Hari Jadi Kabupaten Pati ke 691 jatuh setiap tanggal 7 Agustus diadakan secara sederhana namun penuh dengan kesakralan memberikan arti tersendiri dalam mengenang perjuangan para lelulur pendiri Kadipaten Pati. Diawali dengan doa bersama para Pemimpin Pati dan masyarakat Pati di bekas Pendopo Kadipaten Pati desa Kemiri Sarirejo secara seksama dan penuh keakraban sebelum kegiatan kirab dimulai menjadikan prosesi Hari Jadi Kabupaten Pati semakin mengena.

Iring-iringan perjalanan kirab yang diawali dengan tujuh kereta kuda yang ditumpangi Bupati Pati, Wakil Bupati Pati, Kapolres Pati, Dandim Pati, Ketua Dewan dan jajaran Forkompimda, Kepala SKPD, para Camat dan Lurah serta melibatkan sejumlah Anggota Dewan. Perjalanan kirab yang dimulai pukul 09.00 pagi itu memberikan kenangan tersendiri bagi warga masyarakat yang sejak pagi menunggu di sepanjang jalan protokol dari desa Kemiri ke desa Pati Lor tempat Pendopo Kabupaten sekarang. Kesan sakral dan penuh kekaguman selalu menghias dalam perjalanan kirab tatkala para pemimpin Pati mengenakan pakaian adat kebesaran jaman pemerintahan Kadipaten Pati dahulu.

Dalam acara kirab yang dilakukan setiap lima tahun sekali ini memberikan kesan yang baik terhadap para siswa atau pelajar di Pati ketika menyaksikan langsung perjalanan kirab dengan sentuhan sebagai mana yang pernah terjadi di masa dahulu. Selain memberikan cinta terhadap tanah air juga mengenang jasa-jasa para leluhur dan budaya di Kabupaten Pati. Prosesi semakin mengena di hati masyarakat dan pelajar ketika pusaka Keris Rambut Pinutung dan Kuluk Kanigoro sebagai simbul persatuan dan kesatuan ikut diarak dalam kirab Hari Jadi Kabupaten Pati.

Source http://fairies-queen.blogspot.co.id http://fairies-queen.blogspot.co.id/2016/01/tradisi-di-kabupaten-pati.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.