Kirab Budaya Dewi Sekar Tanjung

0 105

Kirab Budaya Dewi Sekar Tanjung

Ratusan warga Desa Tanjung,Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto menggelar kirab budaya Dewi Sekar Tanjung sambil mengarak seribu takir makanan dan gunungan hasil bumi keliling kampung.

Kirab Budaya Dewi Sekar Tanjung, diawali dengan ritual dan prosesi penyatuhan tiga sumber mata air yang berasal dari sejumlah dusun di Desa Tanjungan. Prosesi ini sebagai bentuk penghormatan terhadap para leluhur yang merupakan cikal bakal berdirinya Desa Tanjungan, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto.

Seusai melakukan prosesi ritual, ratusan warga dengan berbagai kreasi kesenian menggelar Kirab Budaya Dewi Sekar Tanjung, dengan kreasi dan bermacam macam kostum saat kirab budaya. Sehingga membawa daya tarik bagi warga desa.

Menurut Suparlik Kepala Desa Tanjungan, Kirab Dewi Sekar Tanjung merupakan simbul seorang putri pembawa bunga kemakmuran, dan seribu takir berbagai jenis makanan untuk menyatuhkan seluruh warga antar dusun di Desa Tanjungan. “Sekaligus sebagai bentuk syukur terhadap sang pencipta atas hasil bumi yang melimpah, meskipun dalam musim kemarau pajang,” kata Suparlik.

Selain Kirab Budaya Dewi Sekar Tanjung, warga juga berebut gunungan hasil bumi yang dipercayai membawa keberkahan dan melakukan larung saji di Waduk Tanjungan. Sambil berharap di musim kemarau ini waduk tidak surut atau mengalami kekeringan.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Kirab-Budaya-Dewi-Sekar-Tanjung/
Comments
Loading...