Kirab Agung Menjadi Destinasi Wisata Budaya Kota Solo

0 138

Kirab Agung Menjadi Destinasi Wisata Budaya Kota Solo

Kirab Agung Tingalan Dalem Jumenengan ke-14 SISKS Pakoe Boewono XIII telah berlangsung pada Sabtu (5/5/2018) sore. Di mana masyarakat seolah menjadi saksi kembali diadakannya kirab yang terakhir kali digelar pada tahun 2012 silam itu.

Dalam kirab tersebut, sebanyak 4.000 orang terlibat, baik dari abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta hingga elemen masyarakat lainnya. Bahkan, salah satu koleksi benda bersejarah milik Keraton ikut dikirab. Benda tersebut yakni Kereta Kyai Garuda Kencana yang dinaiki Sinuhun saat prosesi kirab kemarin.

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Dipokusumo mengatakan, dengan diadakannya kirab ini sebagai bentuk untuk ikut menjaga dan melestarikan kebudayaan Jawa. Selain itu, tentunya kirab ini menjadi salah satu destinasi wisata yang mampu menarik perhatian masyarakat. Masyarakat tak akan tahu, kapan kembali digelarnya kirab ini, mengingat pemilihan waktu kirab ini tidak ada penanggalan khusus, hanya ada perintah dari Sinuhun saja.

Source http://www.solotrust.com/#openModal http://www.solotrust.com/read/6281/Kirab-Agung-Bisa-Jadi-Destinasi-Wisata-Budaya-Kota-Solo
Comments
Loading...