Khataman Tradisi Menyambut Bulan Puasa Di Magelang

0 54

Khataman Tradisi Menyambut Bulan Puasa Di Magelang

Tradisi Khataman Kesenian ini merupakan penutup kegiatan berkesenian yang untuk selanjutnya masyarakat menyiapkan diri memasuki puasa pada Bulan Ramadhan. Biasanya, tradisi yang sudah turun menurun diwariskan oleh para pendahulu masyakarat di kawasan lereng Gunung Andong ini diselenggarakan pada Rabu Wage atau Rabu Pahing (nama hari yang terdapat pada kalender Jawa).

Ada pementasan berbagai kesenian yang diiringi tabuhan gamelan, seperti tarian kuda kepang, tarian soreng putri, dan tarian kuda kepang papat. Tarian khas Kuda Kepang Papat adalah tarian khas masyarakat Lereng Gunung Andong, Magelang yang hanya dimainkan oleh empat penari keturunan cikal bakal desa itu, yaitu Kiai Kotik (Alm) & Nyai Kotik. 

Pentas kesenian setempat yang bersifat wajib digelar oleh masyarakat di dusun itu adalah tradisi “Khataman Kesenian” dan “Merti Desa” atau bersih desa setiap Sapar  yang oleh masyarakat setempat disebut sebagai “Saparan”.

Source http://bobo.grid.id/ http://bobo.grid.id/index.php/Sejarah-Dan-Budaya/Budaya/Khataman-Tradisi-Menyambut-Bulan-Puasa
Comments
Loading...