Khataman, Malang

0 15

Khataman, Malang

Khataman adalah salah satu tradisi di Indonesia yang kegiatannya membaca Al-Quran hingga tamat yang dilaksanakan oleh satu orang maupun lebih. Khataman sendiri mempunnyai tujuan berbeda-beda tergantung dari peristiwa yang terjadi.

Khataman memiliki makna berbeda-beda. Contohnya, saat seseorang mendapatkan nikmat maka sebagai bentuk rasa syukurnya, seseorang tersebut mengundang tokoh agama di sekitarnya untuk mengkhatamkan quran. Ada juga seseorang agar terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan maka seseorang tersebut mengadakan khataman. Khataman juga dilaksanakan pada moment-moment keagamaan seperti Nuzulul Quran yang jatuh pada saat Al-Quran pertama diturunkan. Selain itu khataman biasa dilakukan apabila malam harinya atau besoknya menggelar 40 hari,100 hari, 1000 hari maupun haul.

Biasanya setelah menamatkan Al-Quran, salah satu tokoh memimpin doa agar dikabulkan hajat tuan rumahnya.Sedangkan tuan rumah akan menjamu dengan berbagai hidangan. Sebelumnya juga telah disediakan kue dan minuman. Tidak lupa juga diberi “Berkat” yang isinya makanan, buah, maupun sejumlah uang.

Source https://budaya-indonesia.org/Khataman/ https://budaya-indonesia.org/Khataman/
Comments
Loading...