Keunikan Tari Gatotkaca Gandrung

0 24

Keunikan Tari Gatotkaca Gandrung

Tari Gatotkaca Gandrung dari Jawa Tengah menceritakan kesatria Gatot Kaca yang sedang dilanda asmara. Sesuai hal itu, tema tarian ini adalah kisah cinta seorang ksatria yang sangat terkenal dalam cerita mahabarata. Kata gandrung dapat diartikan ‘cinta’, ‘tertarik’, atau ‘terpesona’.

Tarian ini menggambarkan tingkah laku Gatotkaca tatkala berangan-angan ingin mempersunting seorang putri menjadi istrinya. Kadangkala untuk lebih memberi hidup pada tarian ini ditunjukkan pula tokoh Pregiwa sebagai bayangan atau ilusi.

Tari ini ingin menunjukkan sisi romantisme Gatotkaca yang selalu diidentikkan dengan ksatria yang gagah perkasa di medan perang. Penggambaran profil yang demikian seperti meminggirkan sisi-sisi kehidupan yang lain dari tokoh Gatotkaca, termasuk sisi percintaannya dengan wanita pujaan. Di balik kegagahan ternyata Gatotkaca juga seorang yang romantis, lembut, dan gentle di hadapan wanita.

Source http://meandyouculture.blogspot.com/ http://meandyouculture.blogspot.com/2017/04/tari-gatot-kaca-gandrung-dari-jawa.html
Comments
Loading...