Keunikan Tari Gambyong

0 428

Keunikan Tari Gambyong

Tari Gambyong  adalah tarian tradisional yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Tari ini sering kali dipertunjukan dalam acara-acara besar, seperti festival, pameran, ataupun merayakan hari-hari penting. Tarian gambyong ini sangat banyak yang menyukai dari masyarakat domestik maupun wisatawan mancanegara. Karena tari ini memiliki keunikan dan keistimewaan sendiri, dibanding tari-tari lainnya.

Tari gambyong merupakan tari tradisional yang berasal dari Kota Surakarta, Jawa Tengah. Dahulu kala tarian ini cuma sebuah tarian rakyat atau tarian jalanan. Tapi semenjak disukai oleh para wisatawan dan warga Surakarta, tarian ini menjadi aset negara. Tari gambyong merupakan tarian hasil kreasi baru dari perkembangan tari tayub. Tarian ini biasannya ditampilkan pada saat upacara panen dan hendak akan menanam padi. Tarian ini dipercayai oleh masyarakat untuk memanggil Dewi Sri atau Dewi Padi, supaya dia memberikan berkah kepada sawah mereka dengan hasil panen yang melimpah ruah.

Nama gambyong sendiri sebenarnya berasal dari nama seorang penari terkenal pada waktu itu, yaitu Sri Gambyong. Penari terkenal Sri Gambyong itu memiliki suara yang sangat indah dan keluwesan dalam menari telah menarik perhatian banyak masyarakat dan wisatawan.

Tari ini sangat diminati banyak orang karena memiliki keunikan dan ciri khas sendiri. Apa keunik-keunikan tari gambyong? Untuk penjelasan lebih lanjutnya, simak baik-baik dibawah ini :

  • Pakaian yang dikenakan lebih berfokus pada warna kuning dan warna hijau, hal ini sebagai simbol kemakmuran dan kesuburan dari pertanian mereka.
  • Gerakan, pola kendangan dan irama iringan tari mampu menampilkan karakter tari yang luwes, kenes, kewes, dan tregel.
  • Sebelum tarian dimulai, selalu dibuka dengan gendhing Pangkur.

Dari beberapa keunikan dan keistimewan diatas, tari gambyong menghasilkan dan memberi kesan tersendiri. Serta bisa memikat hati masyarakat seluruh Indonesia dari dulu sam sekarang ini.

Source https://qudsfata.com/ https://qudsfata.com/tari-gambyong/
Comments
Loading...