Keunikan Tari Cokek Kesenian Betawi

0 153

Keunikan Tari Cokek Kesenian Betawi

Tari cokek adalah kesenian klasik yang berasal dari Betawi. Jenis tarian yang ditampilkan secara berkelompok ini memiliki gerakan khas. Dengan ciri utama bergerak maju mundur seiring alunan musik gambang kromong yang terdengar. Dalam berbagai kesempatan pertunjukan tari khas dari Betawi ini juga terlihat sebagai pengiring pertunjukan kesenian tari yang bernuansa modern.

Banyak keunikan yang terdapat dalam tari cokek dan tidak bisa kita temukan pada tarian lain. Salah satu keunikannya ialah ajakan penari pada penonton baik itu benar-benar penonton maupun tamu agung untuk ikut menari bersamanya.

Pada sesi ini penari akan mengalungkan sebuah selendang pada seseorang yang ia anggap pantas bersanding menari dengannya. Jika dalam acara tersebut terdapa tamu agung maka bisa dipastikan bahwa beliau lah yang nantinya akan dipilih penari untuk ikut menari bersamanya di atas panggung.

Ada tradisi unik di dalam pertunjukan cokek yakni seseorang yang telah menerima selendang atau dengan kata lain dipilih oleh salah satu penari untuk menari bersamanya maka ia tidak boleh menolak. Hal ini tentu akan memberikan rasa penasaran dan jantung berdebar bagi tiap orang yang menyaksikan pertunjukan tersebut.

Di sisi lain terdapat alam musik pengiring yang tergolong merupakan alat musik tradisional seperti seruling, gendang, kempul, gong serta rebab. Kolaborasi dari berbagai alat musik ini kemudian lebih akrab disebut dengan gambang kromong oleh masyarakat setempat.

Source https://www.senitari.com/ https://www.senitari.com/2015/10/sejarah-tari-cokek-betawi.html
Comments
Loading...