Keunikan Selayang Pandan Properti Tari Bondan

0 144

Keunikan Selayang Pandan Properti Tari Bondan

Tari Bondan adalah salah satu kesenian gerak berirama yang berasal dari wilayah Surakarta Jawa Tengah. Sebagai salah satu wilayah kerajaan Surakarta memang terkenal akan keragaman kesenian serta keunikan kebudayaan hingga saat ini. Untuk mengenal secara mendalam mengenai tari Bondan di bawah ini kami sajikan uraian tentang properti tari bondan sebagai wujud apresiasi kita terhadap warisan budaya nusantara.

Beberapa sumber sejarah menyebutkan jika tari bondan telah dikenal oleh masyarakat sejak zaman kerajaan Mataram. Pada masanya jenis tarian klasik ini diwajibkan untuk dimainkan oleh seorang kembang desa untuk dipertunjukkan di hadapan raja. Kalau kita ibaratkan bisa jadi pada masa itu tiap-tiap desa diwajibkan untuk mengirimkan perwakilan penari tari bondan sebagai hiburan raja di keraton.

Keunikan tari bondan terdapat dari alur cerita yang dimainkan oleh para penari dimana para penari yang terdiri dari para kembang desa ini mempertunjukkan sifat keibuan dengan beragam properti pendukung di dalamnya. Memasuki era berikutnya tari bondan lebih dikenal oleh masyarakat Kasunanan Surakarta sebagai salah satu pewaris tahta kerajaan Mataram Islam. Sejak saat ini jenis tari bondan terbagi menjadi 3 yakni Bondan Tani, Bondan Cindogo, dan Bondan Mardisiwi. Ketiga jenis tari bondan tersebut terjadi karena adanya perbedaan alur cerita hingga properti tari bondan yang dikenakan oleh masing-masing penari.

Source https://www.senitari.com/ https://www.senitari.com/2016/05/keunikan-properti-tari-bondan.html
Comments
Loading...