Keunikan Rumah Adat Joglo: Terdapat Pager Mangkok

0 173

Keunikan Rumah Adat Joglo: Terdapat Pager Mangkok

Nama rumah adat Joglo ini terdiri dari dua kata yang digabung menjadi satu. Yaitu kata “Tajug” dan “Loro” yang memiliki arti menggabungkan dua Tajug. Sedangkan untuk Tajug sendiri merupakan bentuk atap seperti piramid.

Masyarakat jawa saat itu memilih Tajug sebagai model atap rumah ini, karena bentuknya yang hampir sama dengan gunung. Jaman dulu, gunung dianggap sebagai tempat yang sakral oleh masyarakat yang hidup kala itu.

Setiap rumah adat pasti memiliki berbagai keunikan tersendiri yang menjadi alat pembeda dengan jenis rumah tradisional lainnya. Rumah adat Joglo juga memiliki beberapa keunikan akan bangunannya. Ditambah lagi dengan bangunan yang dirancang selalu memiliki makna filosofi yang berbeda-beda. Dibawah ini adalah keunikan yang dimiliki rumah adat Joglo, yaitu :

 Terdapat Pager Mangkok

Mendengar dari namanya saja pasti membuat anda bertanya-tanya, dalam Bahasa Indonesia pager sama halnya dengan pagar. Rumah Joglo ini memiliki pagar khas yang dikenal sebagai pager mangkok. Kebanyakan pager pasti terbuat dari bilahan bambu atau kayu yang disusun mengelilingi rumah.

Lain dengan pagar yang ada di rumah Joglo ini, pagar ini di buat dari tanaman perdu dengan ketinggian tidak mencapai 1 meter. Hal ini lah yang dinamakan sebagai Pager Mangkok yang memiliki makna rumah sebaiknya tidak di pagar, agar masyarakat saling membaur.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/rumah-adat-joglo/#!
Comments
Loading...