Keunikan Rumah Adat Joglo: Teras Dengan Empat Tiang

0 117

Keunikan Rumah Adat Joglo: Teras Dengan Empat Tiang

Nama rumah adat Joglo ini terdiri dari dua kata yang digabung menjadi satu. Yaitu kata “Tajug” dan “Loro” yang memiliki arti menggabungkan dua Tajug. Sedangkan untuk Tajug sendiri merupakan bentuk atap seperti piramid.

Masyarakat jawa saat itu memilih Tajug sebagai model atap rumah ini, karena bentuknya yang hampir sama dengan gunung. Jaman dulu, gunung dianggap sebagai tempat yang sakral oleh masyarakat yang hidup kala itu.

Setiap rumah adat pasti memiliki berbagai keunikan tersendiri yang menjadi alat pembeda dengan jenis rumah tradisional lainnya. Rumah adat Joglo juga memiliki beberapa keunikan akan bangunannya. Ditambah lagi dengan bangunan yang dirancang selalu memiliki makna filosofi yang berbeda-beda. Dibawah ini adalah keunikan yang dimiliki rumah adat Joglo, yaitu :

Teras Dengan Empat Tiang

Pada bangunan depan rumah adat Joglo pasti ada teras yang luas. Teras pada halaman ini memiliki empat tiang dengan bentuk segiempat yang memanjang. Orang jawa memiliki rasa kekeluargaan tinggi oleh sebab itu mereka membangun teras ini sebagai tempat berkumpul dengan orang lain.

Pada zaman dahulu belum ada hiburan berupa televisi, atau handphone. Sehingga berkumpul dengan keluarga atau tetangga menjadi hiburan tersendiri yang sangat mengasyikkan. Bangunan teras ini memiliki makna bahwa sesama saudara atau tetangga harus selalu membangun hubungan yang baik dan bersosial.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/rumah-adat-joglo/#!
Comments
Loading...