Keunikan Rumah Adat Joglo: Arsitektur Bangunan Yang Unik

0 1.268

Keunikan Rumah Adat Joglo: Arsitektur Bangunan Yang Unik

Nama rumah adat Joglo ini terdiri dari dua kata yang digabung menjadi satu. Yaitu kata “Tajug” dan “Loro” yang memiliki arti menggabungkan dua Tajug. Sedangkan untuk Tajug sendiri merupakan bentuk atap seperti piramid.

Masyarakat jawa saat itu memilih Tajug sebagai model atap rumah ini, karena bentuknya yang hampir sama dengan gunung. Jaman dulu, gunung dianggap sebagai tempat yang sakral oleh masyarakat yang hidup kala itu.

Setiap rumah adat pasti memiliki berbagai keunikan tersendiri yang menjadi alat pembeda dengan jenis rumah tradisional lainnya. Rumah adat Joglo juga memiliki beberapa keunikan akan bangunannya. Ditambah lagi dengan bangunan yang dirancang selalu memiliki makna filosofi yang berbeda-beda. Dibawah ini adalah keunikan yang dimiliki rumah adat Joglo, yaitu :

Arsitektur Bangunan Yang Unik

Meskipun di rancang oleh perancang dahulu, dimana belum banyak mengenal teknologi yang canggih, tidak membuat arsitektur pada bangunan ini tak menarik. Segala sesuatu yang dibuat selalu mengedepankan tentang filosofi jawa yang harus di penuhi.

Rumah adat Joglo ini dibuat dengan susunan kayu yang sangat proporsional, sehingga tak heran jika setiap bangunannya terbentuk dengan bagian yang selalu sebanding antara yang satu dengan yang lain. Arsitektur rumah Joglo terbilang unik karena menggambarkan segala Sesuatu tentang kehidupan dan aktivitas masyarakat jawa.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/rumah-adat-joglo/#!
Comments
Loading...