Keunikan Rumah Adat Jawa Timur: Senthong Tengah Sebagai Wilayah Sakral

0 165

Keunikan Rumah Adat Jawa Timur: Senthong Tengah Sebagai Wilayah Sakral

Salah satu ciri budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah rumah adat dengan nama khas di setiap daerahnya. Rumah adat Jawa Timur dikenal dengan nama Joglo.

Rumah adat Jawa Timur Joglo dikenal dengan bentuk limas dengan atap yang sangat megah. Sebutan Joglo adalah dimaksudkan untuk atapnya yang besar dengan mengambil stilasi model sebuah gunung.

Joglo memiliki dasar filosofi yang tidak jauh beda dengan rumah adat Joglo di Jawa Tengah. Filosofinya berupa makna pengaruh Agama Islam, Hindu dan Budha  yang menjadi satu dan mengakar pada bangunan tersebut.

Jika dilihat Rumah Adat Jawa Timur yang sering dikenal dengan Rumah Joglo ini memiliki keunikan tersendiri. Bagian-bagian ruangan dari Rumah Joglo banyak mencirikan keunikan khas sebagai rumah adat Jawa Timur. Diantara keunikannya tersebut yakni sebagai berikut :

Senthong Tengah Sebagai Wilayah Sakral

Senthong tengah merupakan wilayah ruangan yang terletak di tengah bagian dalam. Sebutan senthong tengah juga dapat diartikan lain sebagai pedaringan, krobongan, atau boma.

Letak ruangan ini berada jauh di dalam rumah dan berjarak sangat jauh dari pringgitan. Senthong tengah digunakan untuk menyimpan benda-benda berharga seperti keris, emas, dan harta-harta berharga lainnya

Banyak orang yang menyebut senthong sebagai wilayah sakral karena erat digunakan sebagai tempat menyimpan barang-barang pusaka. Ruangan yang dianggap sakral ini biasanya diberi penerangan yang baik di siang hari maupun malam hari. Selain itu, juga diberi bantal, kasur, cermin, serta sisir rambut yang dibuat dari bahan berupa tanduk.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/rumah-adat-jawa-timur/#!
Comments
Loading...