Keunikan Rumah Adat Jawa Timur: Pringgitan Sebagai Lorong Masuk

0 128

Keunikan Rumah Adat Jawa Timur: Pringgitan Sebagai Lorong Masuk

Indonesia merupakan negara dengan beragam budaya yang ada. Kekayaan budaya yang dimiliki menjadikan nilai yang sangat luhur dan mencirikan identitas bangsa itu sendiri.

Salah satu ciri budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah rumah adat dengan nama khas di setiap daerahnya. Rumah adat Jawa Timur dikenal dengan nama Joglo.

Rumah adat Jawa Timur Joglo dikenal dengan bentuk limas dengan atap yang sangat megah. Sebutan Joglo adalah dimaksudkan untuk atapnya yang besar dengan mengambil stilasi model sebuah gunung.

Joglo memiliki dasar filosofi yang tidak jauh beda dengan rumah adat Joglo di Jawa Tengah. Filosofinya berupa makna pengaruh Agama Islam, Hindu dan Budha  yang menjadi satu dan mengakar pada bangunan tersebut.

Jika dilihat Rumah Adat Jawa Timur yang sering dikenal dengan Rumah Joglo ini memiliki keunikan tersendiri. Bagian-bagian ruangan dari Rumah Joglo banyak mencirikan keunikan khas sebagai rumah adat Jawa Timur. Diantara keunikannya tersebut yakni sebagai berikut :

Pringgitan Sebagai Lorong Masuk

Pringgitan terletak di antara pendopo dan omah jero (rumah dalam) dan difungsikan sebagai jalan masuk pada rumah bagian dalam. Wujud pringgitan terlihat seperti serambi berbentuk tiga persegi.

Serambi-serambi tersebut menghadap ke arah pendopo dan menjadi komponen tersendiri yang dapat menarik tamu yang sedang berkunjung. Lorong ini juga kerap digunakan sebagai tempat pertunjukan wayang kulit.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/rumah-adat-jawa-timur/#!
Comments
Loading...