Keunikan Rumah Adat Jawa Timur: Pendopo Yang Megah

0 184

Keunikan Rumah Adat Jawa Timur: Pendopo Yang Megah

Jika dilihat Rumah Adat Jawa Timur yang sering dikenal dengan Rumah Joglo ini memiliki keunikan tersendiri. Bagian-bagian ruangan dari Rumah Joglo banyak mencirikan keunikan khas sebagai rumah adat Jawa Timur. Diantara keunikannya tersebut yakni sebagai berikut :

Pendopo Yang Megah

Pendopo adalah bagian khas depan dari rumah adat Jawa Timur dengan halaman yang sangat luas. Pada bagian pendopo ini sering dilakukan pertemuan dengan warga dalam rangka musyawarah dan berdiskusi.

Pendopo juga digunakan untuk membahas acara adat atau hajatan-hajatan tertentu. Dengan ini, pendopo memiliki banyak fungsi sebagai wujud terdepan rumah adat Jawa Timur.

Ciri khas dari pendopo ini adalah bangunannya yang sangat megah dengan ruangan yang sangat luas tanpa sekat. Terdapat pilar-pilar penyangga di setiap sisi dan sudutnya.

Empat pilar utama penyangga yang ada di tengah dinamakan saka guru dan mewakili keempat arah mata angin. Bentuk pendopo ini adalah bujur sangkar dengan bahan-bahan berkualitas tinggi yang digunakan pada bagian atap.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/rumah-adat-jawa-timur/#!
Comments
Loading...