Keunikan Rumah Adat Jawa Timur: Omah Njero Yang Privatif

0 105

Keunikan Rumah Adat Jawa Timur: Omah Njero Yang Privatif

Salah satu ciri budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah rumah adat dengan nama khas di setiap daerahnya. Rumah adat Jawa Timur dikenal dengan nama Joglo.

Rumah adat Jawa Timur Joglo dikenal dengan bentuk limas dengan atap yang sangat megah. Sebutan Joglo adalah dimaksudkan untuk atapnya yang besar dengan mengambil stilasi model sebuah gunung.

Joglo memiliki dasar filosofi yang tidak jauh beda dengan rumah adat Joglo di Jawa Tengah. Filosofinya berupa makna pengaruh Agama Islam, Hindu dan Budha  yang menjadi satu dan mengakar pada bangunan tersebut.

Jika dilihat Rumah Adat Jawa Timur yang sering dikenal dengan Rumah Joglo ini memiliki keunikan tersendiri. Bagian-bagian ruangan dari Rumah Joglo banyak mencirikan keunikan khas sebagai rumah adat Jawa Timur. Diantara keunikannya tersebut yakni sebagai berikut :

Omah Njero Yang Privatif

Omah njero atau dikatakan sebagai “rumah dalam” adalah bagian ruangan khusus di bagian dalam sebagai tempat untuk bersantai bagi keluarga. Sebutan selain omah njero adalah omah mburi, dalam ageng, atau omah saja. Karena sifatnya yang privatif, tidak semua tamu dibolehkan masuk pada ruangan ini.

Omah njero juga dilengkapi dengan penyekat atau pembatas antar ruangan berupa papan kayu, dan bukan terbuat dari dinding. Penampilannya sangat unik karena ada banyak kursi dan atribut-atribut lain yang menghiasi pada ruangan ini. Omah njero juga merupakan akses jalan masuk menuju senthong (kamar khusus).

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/rumah-adat-jawa-timur/#!
Comments
Loading...