Keunikan Musik Pabeng, Kesenian Tradisional Asal Situbondo

0 226

Alat musik tradisional Situbondo bernama Pabeng ini mendapatkan kehoramatan dari berbagai pejabat penting di Surabaya. Ini karena personel alat musik yang terbuat dari ornamen bambu itu sempat diundang sebagai penyaji dalam festival musik bambu di Surabaya.

Akan tetapi kali ini malah musik tradisional yang tampil yakni grup musik Pabeng Situbondo. Ini wajar terjadi sebab pada acara tersebut memang sedang menampilkan alat-alat musik tradisional yang dihelat Dewan Kesenian Jawa Timur berupa festival Musik Bambu. Justeru yang membanggakan, dari beberapa musik tradisional yang dimainkan, ada alat musik yang berasal dari Situbondo. Musik tersebut bernama Pa’beng, yang merupakan alat musik yang biasanya dibunyikan di tengah hutan belantara.

Musik tradisional Pa’beng sudah hampir punah setelah puluhan tahun tidak pernah dimunculkan kembali. Kesenian musik yang muncul di Desa Bantal ini biasanya dipakai untuk mengusir hewan liar di hutan yang memakan tanaman. Masyarakat yang memiliki tanaman biasanya mengusir dengan membunyikan alat Pa’beng ini. Keberadaan musik Pabeng selain berfungsi untuk mengusir kejenuhan ketika masyarakat sedang menjaga tanaman di sawah juga bisa menghilangkan perasaan yang sedang galau.

Source http://harianbhirawa.com/2017/10/keunikan-musik-pabeng-kesenian-tradisional-asal-situbondo/ http://harianbhirawa.com
Comments
Loading...