Keunikan Dialek Ngapak

0 153

Keunikan Dialek Ngapak

Bahasa ngapak yang blak-blakan dan apa adanya disebabkan oleh wilayahnya yang jauh dari pusat kerajaan sehingga bahasa yang mereka gunakan masih asli tanpa ada pengaruh politik dari kerajaan. Sebagai contoh masyarakat banyumas cenderung tidak terlalu memperdulikan status sosial, mereka menganggap golongan priyayi atau ningrat dengan orang biasa sama saja.

Mereka bersifat universal dan selalu mengedepankan sikap kesetaraan. Berbeda dengan bahasa Jawa yang membagi tingkatan bahasa berdasarkan status sosial seperti Bahasa jawa Ngoko, Kromo dan Kromo Inggil. Hal ini dikarenakan pengaruh dari kondisi politik kerajaan Mataram.

Letak geografis Banyumas yang berada di antara Sunda dan Mataram, serta jauh dari kerajaan Mataram inilah yang menjadikan bahasa ngapak menjadi bahasa yang netral, sehingga berpengaruh ke dalam kehidupan berbudaya masyarakatnya. 

Budaya masyarakat Banyumas yang egaliter dan mengedepankan kesetaraan menjadikan mereka memiliki kekuatan solidaritas dan menjunjung tinggi nilai kerukunan. Sikap egaliter inilah yang menjadikan masyarakat banyumas jauh dari sifat feodalisme yang memandang seseorang dari kedudukan, pangkat, dan harta dalam kehidupan sosial.

Source https://newswantara.com/ https://newswantara.com/sejarah/menelusuri-jejak-sejarah-asal-usul-dialek-ngapak
Comments
Loading...