Tarian Kethek Ogleng

0 305

Tarian Kethek Ogleng

Tarian tradisional yang bernama Kethek Ogleng berasal dari bahasa Jawa yang bila diartikan ‘kethek’ adalah kera. Sedangkan Ogleng diambil dari suara bunyi yang melatarbelakangi tarian ini yang seperti berbunyi Ogleeeng… Ogleeeng…

 

Kethek Ogleng adalah sebuah tari yang gerakannya menirukan tingkah laku kethek (kera). Tarian ini ditarikan oleh masyarakat Desa Tokawi Kecamatan Nawangan bertahun-tahun lamanya. Biasanya tarian ini dipentaskan pada waktu hajatan masyarakat setempat. Tarian Kethek Ogleng ini berasal dari sebuah cerita Kerajaan Jenggala dan Kediri. Dan dimana tarian ini berasal dari Jawa Timur,tari ini sudah dari tahun 1963.

Masih berkembang dan terus dilestarikan tarian ini memiliki bentuk yang beragam di Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah.Kisahnya menceritakan seekor kera jelmaan Raden Gunung Sari dalam cerita Panji dalam upaya mencari Dewi Sekartaji yang menghilang dari istana. Untuk mengelabuhi penduduk agar bebas keluar masuk desa dan hutan, maka Raden Gunung Sari menjelma jadi seekor kera putih yang lincah dan lucu.

Tari Kethek Ogleng ini dalam mengekspresikannya menggambarkan gerak-gerik sekelompok kera putih dengan balitan busana yang lengkap dan aksesoris yang menambah agar sang penari terlihat seperti kera sungguhan ini. Dalam tarian ini terlintas ungkapan kelincahan, kebersamaan, semangat, kelucuan dan atraktif.

Biasanya penari Kethek Ogleng akan mengajak salah seorang penonton untuk berjoget bersama. Bahkan mengajak salaman dan menghampiri penonton dengan menakut-nakuti.

 

Source Tradisi Kethek Ogleng seni dan budaya
Comments
Loading...